Penutupan Gunung Bromo untuk Menghormati Hari Suci Nyepi

PROBOLINGGO, Arus Berita - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) akan menutup total kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo untuk menghormati Hari Suci Nyepi pada 11 hingga 12 Maret 2024. 

Penutupan ini berlaku di seluruh pintu masuk dari empat wilayah, termasuk Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Kepala BB TNBTS, Hendro Widjanarko, mengumumkan penutupan ini sesuai dengan surat edaran Nomor: PG.2/T.8/BID TEK/KSA.5.1/B/03/2024 setelah mendapatkan pemberitahuan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Penutupan berlangsung mulai pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, dengan tujuan menghormati Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka. 

Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto, menjelaskan bahwa sejumlah kegiatan ritual, sosial, Dharma Shanti tingkat Provinsi, dan intelektual akan dilaksanakan di Bromo selama Hari Suci Nyepi. Bambang juga menyatakan penghargaan kepada umat Muslim yang menjalankan puasa Ramadhan, dan mengungkapkan bahwa tidak ada pemadaman listrik, namun warga yang merayakan Nyepi diminta untuk tidak menyalakan lampu.

Post a Comment

0 Comments