Savana Gunung Bromo Mulai Menghijau Pasca Kebakaran

savana gunung bromo

PROBOLINGGO, Arus Berita - Padang savana Gunung Bromo yang sebelumnya terbakar akibat flare prewedding pada 6 September hingga 13 September 2023, kini telah mulai menghijau. Beberapa tanaman yang sebelumnya hangus mulai tumbuh kembali, dan kondisi savana Bromo saat ini dapat dinikmati oleh wisatawan.

Menurut Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan TNBTS, Bromo sudah menghijau, dan ini menjadi kabar baik untuk pemulihan alam di kawasan tersebut. Meskipun proses rehabilitasi pohon memerlukan waktu 3 sampai 5 tahun, pemulihan ekosistem savana atau rumput memerlukan waktu 1 sampai 2 bulan. Tanaman yang hangus dalam kebakaran melibatkan jenis seperti mentigi, adasan, cemara gunung, akasia, dan kemlandingan.

Baca Juga : Pemilu Damai di Probolinggo: Kesepakatan Bersama Dalam Menjaga Kondusifitas

Video yang menunjukkan kondisi savana Bromo yang mulai menghijau pasca-kebakaran telah beredar luas di media sosial. Video tersebut memperlihatkan bukit savana yang terbakar sudah mulai bertunas dengan tunas-tunas rumput yang kelihatan. Meskipun masih terlihat bekas kebakaran, pemulihan alam sedang berlangsung.

Post a Comment

0 Comments