Diyan Mei Ikawati, Bacaleg Yang Ingin Memperjuangkan Hak-Hak Kaum Perempuan

PROBOLINGGO, Arus Berita - DPD Partai Golkar Kota Probolinggo resmi mendaftarkan 30 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) nya ke kantor KPU setempat pada hari minggu (14/05). Tidak hanya tampak banyak perempuannya, tetapi juga terlihat banyak sekali wajah baru pada bacaleg perempuan Golkar Kota Probolinggo saat ini. Salah satunya adalah Diyan Mei Ikawati.

Diyan adalah salah satu bacaleg perempuan Partai Golkar Kota Probolinggo. Wanita Kelahiran 1981 ini mengaku terjun di politik bersama Partai Golkar sejak 2021 lalu sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Dapil Mayangan di organisasi sayap perempuan Partai Golkar, Kesatuan Perempuan Partai Golkar, Kota Probolinggo. 

Baca Juga : Target Menang Pileg 2024, Golkar Kota Daftarkan Kader Terbaiknya Menjadi Bacaleg Ke KPU

Diyan menjelaskan alasannya terjun di politik karena ingin memperjuangkan hak-hak perempuan melalui politik. "Di Kota Probolinggo, budaya patriarki masih ada yang menganut. Dan berdasarkan data yang dilansir oleh Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak, tingkat kekerasan terhadap perempuan masih tinggi. Disitu kami ingin hadir untuk mereka." ujarnya.

Diyan juga mengajak kaum perempuan untuk saling mendukung dan men-support satu sama lain. "Perempuan harus bisa dan mau ikut berperan dalam kancah politik. Kita jangan mau hanya dimanfaatkan suaranya saja sebagai alat pencari dukungan, dan ditinggal setelah pemilihan selesai," imbuhnya

"Suatu kehormatan bagi saya bisa bergabung menjadi bacaleg Partai Golkar saat ini. Karena partai ini sangat mendukung perempuan untuk ikut berperan dalam menentukan nasibnya sendiri melalui kancah politik. Ini dibuktikan dengan adanya hampir 50% persen bacalegnya adalah kaum perempuan," tambah perempuan yang juga biasa disapa mbak Diyan Gaharu tersebut.

Diyan, perempuan berlatar belakang strata satu ilmu hukum ini, menegaskan bila dirinya nanti terpilih menjadi anggota DPRD, dirinya akan meningkatkan pendidikan kaum perempuan, ibu dan anak. Dirinya juga  akan mencanangkan program pendidikan sadar hukum, memfasilitasi pelatihan dan dan ketrampilan kerja bagi perempuan ibu dan anak. (AL)

Post a Comment

0 Comments